Pengumuman

Wujudkan Lulusan Paham Al - Islam dan Kemuhammadiyahan LPAIK UMSurabaya Menyelenggarakan UKOM Dasar Al - Islam dan Kemuhammadiyahan

  • Di Publikasikan Pada: 05 Dec 2023
  • Oleh: Admin


Uji Kompetensi adalah bagian dari proses penilaian terhadap seseorang dengan pengumpulan bukti yang relevan. Hal tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mencapai atau tidaknya dalam suatu kompetensi. Mewadahi Mahasiswa dalam pengetahuan dan pendalaman seputar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sudah menjadi tanggungjawab Lembaga Pengkajian Al – Islam dan Kemuhammadiyahan (LPAIK) UMSurabaya.

Apabila dilihat dalam konteks Pendidikan dan pembelajaran Al - Islam dan Kemuhammadiyahan yang berlangsung di UMSurabaya, terdapat mata kuliah AIK 1 - 4 dengan topik pembahasan yang berbeda. Pembahasan dalam pembelajaran AIK di UMSurabaya antara lain AIK 1 (Ketuhanan dan Kemanusiaan), AIK 2 (Akhlak, Ibadah, dan Muamalah), AIK 3 (Kemuhammadiyahan), AIK 4 (Islam dan Ilmu Pengetahuan). Proses pembelajaran yang terdiri dari AIK 1 - 4 diberikan kepada mahasiswa secara bertahap sesuai dengan semester Mahasiswa.

Mata pembelajaran AIK meski diberikan secara bertahap sesuai dengan rumpun keilmuan secara bertahap dengan menyesuaikan semester Mahasiswa, belum dipastikan bahwa mahasiswa memahami dengan baik. Bahkan di kalangan Mahasiswa ada yang tidak mengetahui  mengenai materi-materi dasar yang ada pada pelajaran AIK. Berkaitan dengan hal tersebut sudah seharusnya terdapat Uji Kompetensi sebagai pengingat materi yang telah disampaikan selama pembelajaran.

LPAIK sebagai lembaga yang mengemban misi pengembangan kajian ilmu Agama Islam dan kemuhammadiyahan telah menyelenggarakan Uji Kompetensi (UKOM) dasar AIK di lingkungan UMSurabaya pada 27 November - 3 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa se-UMSurabaya yang berada di semester akhir gasal. Jumlah peserta UKOM Dasar AIK tahun 2023 berjumlah 696, yang terdiri dari Mahasiswa S1 angkatan 2020 dan 2021 Diploma se-Fakultas UMSurabaya. Teknis UKOM Dasar AIK terdiri dari dua macam di antaranya :

  1. Test ujian praktik Sholat dan Wudhu sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah di Masjid Al – Khoory UMSurabaya
  2. Test soal Al – Islam dan Kemuhammadiyahan, soal yang terdiri dari 100 butir dengan pembahasan seputar AIK 1 – 4 di Ruang CBT UMSurabaya

Melalui Uji Kompetensi (UKOM) Dasar Al – Islam dan Kemuhammadiyah (AIK) dapat menjadi tolak ukur pengetahuan Mahasiswa. Dengan adanya UKOM ini, mahasiswa dapat menilai dan mengetahui pengetahuan AIK yang telah mereka peroleh selama pembelajaran di perkuliahan. Mahasiswa yang dinyatakan lulus test UKOM Dasar AIK tahun 2023 sebagai bukti bahwa lulusan UMSurabaya telah memiliki pengetahuan seputar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan benar.