Pengumuman

Pelatihan dan Pembekalan Tutor Sebaya Baca Tulis Al-Qur’an 2023

  • Di Publikasikan Pada: 09 Jan 2024
  • Oleh: Admin

Selasa, 12 Desember 2023, Lembaga Pengkajian Al-Islam dan Kemuhammadiyah (LPAIK) menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan tutor sebaya Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di ruang 702 Lt. 7 Gedung At-Tauhid Tower UMSurabaya. “Harapan kami melalui pelatihan dan pembekalan Tutor Sebaya BTQ Mahasiswa ini menjadi langkah awal bagi LPAIK dalam memberikan penguatan pengetahuan berkaitan dengan baca tulis Al-Qur’an dan juga mewadahi tutor sebaya yang nantinya akan menjadi mentor BTQ Mahasiswa selama tiga bulan ke depan”, Tutur Kepala LPAIK UMSurabaya.

Tutor Sebaya adalah mahasiswa terpilih yang mempunyai tugas untuk menjadi pembimbing Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Mahasiswa UMSurabaya. Mereka diharapkan sudah memiliki kemampuan yang baik dalam mendampingi, mengajarkan dan mengevaluasi Mahasiswa peserta BTQ tahun 2023 selama 3 bulan. Dan adapun peserta mentoring BTQ yaitu seluruh Mahasiswa BTQ tahun 2023 yang dinyatakan tidak lulus pada Placement Test BTQ.

Tutor sebaya merupakan seorang mentor yang akan memberikan pengaruh perkembangan kemampuan yang dimiliki peserta mentoring dalam baca tulis Al-Qur’an. Melalui kegiatan pelatihan dan pembekalan ini mereka akan mengetahui dan memperhatikan tahapan – tahapan yang nantinya diterapkan ketika proses mentoring berlangsung. Adapun materi yang dipaparkan ketika kegiatan tersebut antara lain yaitu:

  1. Makharijul Hurf dan Tajwid, materi tersebut disampaikan oleh Bapak Dr. Mohammad Ikhwanuddin, M.H.I.. (Dosen UMSurabaya)
  2. Micro Teaching, materi tersebut disampaikan oleh Ibu Elmi Tri Yuliandari, S.Pd., M.Pd.. (Dosen UMSurabaya)
  3. Sosialisasi Teknis Pelaksanaan Mentoring BTQ Mahasiswa 2023, materi tersebut disampaikan oleh Bapak Erdin Nadid, S.H.. (Panitia BTQ Mahasiswa)
  4. Sosialisasi Modul Pembelajaran BTQ “Madani” UMSurabaya, materi tersebut disampaikan oleh Bapak Ahmad Ghozi Al-Afnan, S.Ag.. (Panitia BTQ Mahasiswa)

Dalam pemaparan materi-materi di atas, para Tutor Sebaya sangat antusias dalam memperhatikan dan memahami yang disampaikan oleh pemateri. Beberapa dari mereka memiliki pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan kepada para pemateri. Harapannya dengan adanya pelatihan dan pembekalan tutor sebaya ini, dapat memberikan bekal awal bagi seluruh Tutor Sebaya dalam menyiapkan proses mentoring selama 3 bulan kedepan. Kegiatan ini dihadirkan oleh seluruh Tutor Sebaya dengan jumlah 30 Mahasiswa UMSurabaya yang telah dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi Tutor Sebaya BTQ Mahasiswa.