Pengumuman

LPAIK UMSurabaya Dorong Integrasi Islam dan IPTEKS melalui Kuliah Tamu AIK 4

  • Di Publikasikan Pada: 25 Oct 2023
  • Oleh: Admin

Senin, 23 Oktober 2023 M/ 08 Rabi’ul Akhir 1445 H, LPAIK UMSurabaya  menyelenggarakan Kuliah Tamu AIK 4 yang mengangkat topik seputar “Integrasi Islam dan IPTEKS”. Kuliah Tamu kali ini memusatkan pembahasan berkaitan dengan hubungan Islam dengan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni. “Tahun ini kami desain di AIK 2 dan AIK 4 salah satunya kami menghadirkan salah satu pakar di wilayah integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan melalui Prof. Agus dalam memberikan cakrawala baru berkaitan kenapa mahasiswa harus mempelajari AIK 4”, tutur Ibu Arin Setiyowati. Dalam artian kegiatan ini merupakan salah satu inovasi baru yang diselenggarakan oleh LPAIK UMSurabaya dalam memberikan wadah pembelajaran umum berkaitan dengan Islam dan IPTEKS. Pakar keilmuan pada kuliah tamu kali ini yang dihadirkan oleh LPAIK UMSurabaya yaitu Bapak Prof. KH Agus Purwanto, D.Sc.,

“Menjadi salah satu upaya kami dalam mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam pembelajaran, standar mutu kemuhammadiyahan di perguruan tinggi memiliki beberapa ketentuan yaitu membidik pada mahasiswa yakni pada indikator kinerja AIK”, tutur Ibu Arin Setiyowati. Kuliah Tamu AIK 4 sebagai upaya dalam mencapai Visi Pendidikan Muhammadiyah yang sebagaimana tertuang dalam Putusan Muktamar Muhammadiyah ke 46 tentang Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah: “Terbentuknya manusia pembelajar yang bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam ipteks sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma’ruf nahi munkar”. Serta dapat memberikan pengetahuan yang nantinya dapat diimplementasikan oleh akademisi mengenai bagaimana pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan dan antara iman dan kemajuan yang holistik. Hal ini berkaitan dengan perkembangan Teknologi pada zaman sekarang yang semakin pesat di lingkungan akademisi. Oleh karena itu pembahasan seputar Islam dan kaitannya pada sektor Ilmu pengetahuan khususnya dengan IPTEKS di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Dalam penyampaian oleh bapak Prof. KH Agus bahwa kampus sejuta inovasi yakni Universitas Muhammadiyah Surabaya menjadi kampus yang harus memperhatikan Islam dan disiplin keilmuannya. Halnya seperti kajian Islam yang berkaitan dengan masing – masing fakultas dimana kemudian pembahasan terkait bagaimana integrasi keilmuan. Pemateri menyampaikan beberapa hal-hal dasar permasalahan di era perkembangan zaman saat ini yaitu sains dan teknologi. Oleh karena itu seperti yang disampaikan oleh pemateri bahwa mengutip dari perkataan Prof. Jackie Ying “Setiap kali mempelajari Ilmu pengetahuan, selalu merujuk kepada keberadaan Allah Subhanahu Wata’ala. Jadi, saya tidak berpikir bahwa keduanya (Agama dan Sains) bertentangan satu dengan yang lainnya.”.

Kuliah tamu sebagai inovasi awal LPAIK UMSurabaya dengan mendatangkan ahli pakar dan seluruh mahasiswa pengampu mata kuliah AIK 4 terselenggara dengan lancar. Turut hadir dalam agenda ini yaitu Dosen AIK UMSurabaya, Kepala LPAIK UMSurabaya dan mahasiswa yang berasal dari kelas mata kuliah AIK 4 yaitu Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.